Sunday, March 20, 2016

PELANTIKAN ANGGOTA PRAMUKA SMP LABSCHOOL JAKARTA


Depok, 27 Febuari 2016

Hari Sabtu pun mendatang, kegiatan kepramukaan dari sekolah sudah dimulai pada jam 7 pagi di hallma. Kegiatan kepramukaan ini merupakan pelantikan anggota penggalang yang diikuti oleh anak kelas 7. Sebelum kita melaksankan kegiatan ini kita harus mempersiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan saat pelantikan, yaitu: semaphore, tongkat, tali, buku SKU, tikar serta seragam pramuka harus lengkap.
Setelah kami melakukan apel pembrangkatan di hallma, kami menuju ke dalam troton. Masing –masing tronton ada sekitar 3-4 regu. Dalam perjalanan menuju Studio Alam TVRI, kita memerlukan waktu sekitar 1 setengah jam.
Kami pun sudah sampai kepada tujuan, lalu kami melaksanakan apel pembukaan dan diberitahu bahwa kita harus melewati 4 pos agar dapat dilantik. Sebelum kita melewatkan 4 pos tersebut, kami harus mengisikan beberapa pertanyaan dahulu di sebuah kertas.
Di pos pertama, per regu ditanyakan tentang kode kehormatan yang berisi trisatya dan dasadarma serta apa saja kegiatan sehari-hari yang merupakan kode kehormatan. Di pos kedua, per regu di tanyakan sebuah kata dalam bentuk semaphore. Di pos ketiga, per regu disuruh membuat tandu menggunakan dua buah bambu dan dua buah tali serta salah satu anggota regu sebagai korban. Di pos keempat, per regu membawa tandu yang sudah dibuat serta si korban di dalam tandu tersebut dan harus melewatkan beberapa tantangan yang bernama halang rintang.
Setelah selesai melakukan semua 4 pos, kami menuju kembali ke lapangan dan dites dahulu oleh kak Tris tentang cara menggunakan tongkat. Kami diberi waktu ISOMA kalau sudah mengisi pertanyaan yang berupa kata sandi dan morse. Kami tidak diperbolehkan untuk memakan sendiri-sendiri, karena setelah semuanya sudah mengumpul akan diadakan makan bersama yang per regu menggunakan tikar sebagai alas duduk.
Siang telah tiba, kami pun memulai apel penutupan yang disambut oleh Pak Chudori. Sebagai bukti kami sudah dilantik, kami memasangkan nomer gudep di sebelah kanan lengan seragam pramuka.
Apel selesai, kami semua menuju kedalam tronton untuk perjalanan kembali ke Labschool Jakarta. Ketika kami sampai di sekolah, beberapa orang tua murid sudah menunggu kedatangan kami.

No comments:

Post a Comment